Kamis, 06 November 2014

PERJANJIAN-PERJANJIAN PALING BERSEJARAH DI INDONESIA

Kita tahu bahwa kemerdekaan Negara Republik Indonesia ini , tidak lah mudah dan dengan mengalami berbagai perjuangan. Berikut adalah secara urut perjuangan RI yang dituangkan dalam berbagai perjanjian perjanjian bersejarah , yang akan menjadi motivasi kita untuk terus memajukan bangsa ini.
Berikut adalah mengenai perjanjian perjanjian yang paling penting yang pernah ada di Indonesia.
1.Perjanjian Bongaya tahun 1666 M , isi perjanjian : Raja Hasanuddin dari Makasar menyerah kepada VOC .

2.Perjanjian Jepara tahun 1676 M , isi perjanjian : Sultan Amangkurat 11 Raja Mataram harus menyerahkan pesisir Utara Jawa jika VOC menang dalam pemberontakan Trunojoyo.

3.Perjanjian Gianti tahun 1755 M , isi perjanjian : Kerajaan Mataram dibagi menjaid dua bagian yaitu Yogyakarta dan Surakarta.

4.Perjanjian Salatiga 1755 M , isi perjanjian : Surakarta dibagi menjaid dua bagian Kasunanan dan Mangkunegaran.

5.Perjanjian Kalijata tahun 1942 M , Isi perjanjian : Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang.

6.Perjanjian Linggar jati 25 Maret 1947 isi perjanjian : Belanda mengakui kedaulatan RI atas Sumatra, Jawa dan Madura.
dan Belanda bersama sama RI bekerja sama membentuk Negara Indonesia Serikat.

7.Perjanjian Renvile, 7 Januari 1948, isi perjanjian : RI mengakui daerah daerah yang diduduki Belanda pada Agresi 1 menjadi daerah Belanda.

8.Perjanjian Roem Royen 7 Mei 1949, isi perjanjian : Pemerintahan Indonesia akan diserahkan ke Yogyakarta . Indonesia dan Belanda akan segera mengadakan perundingan.

9.Perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB), 23 Agustus 1949, isi perjanjian : Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia Serikat dan Irian Barat akan diselesaikan setahun setelah pengakuan kedaulatan.

10.Perjanjian New York tanggal 5 Agustus 1962, isi perjanjian : Belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia melalui PBB. dan akan diadakan penentuan pendapat masyarakat Irian barat.
Setelah negara kita merdeka total , tinggal sikap kita untuk terus memajukan bangsa ini menjadi bangsa yang bersaing di dunia internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar